top of page

Urutan memasuki ruang WAG KOMUNITAS INDOWIRA

Kalian pasti sudah membaca artikel : https://www.sobatindowira.id/post/penjelasan-wag-komunitas-indowira, bahwa susunan WAG Komunitas Indowira dirancang seperti memasuki Gedung Sekretariat Komunitas Indowira. Dan jangan lupa juga untuk membaca halaman https://www.sobatindowira.id/membership tentang menjadi member Komunitas Indowira.



Nah dalam artikel kali ini, pengurus Komunitas Indowira ingin menjelaskan tata cara memasuki ruang-ruang WAG Tersebut, perhatikan diagram di bawah ini :


Tahapan Pertama



Urutan pertama adalah bagaimana TATA CARA PENERIMAAN MEMBER KOMUNITAS INDOWIRA, bahwa setiap member komunitas yang tergabung dalam Komunitas Indowira haruslah satu frekuensi sebagai Komunitas Orang Indonesia yang Berani Wirausaha, Berani Amal dan Berani Kerjasama.

  1. Dimulai dari berkumpulnya semua calon member Komunitas Indowira di HALL.

  2. Admin akan memanggil calon member ke dalam LOBBY untuk wawancara dengan Pak Hery sbg founder Komunitas Indowira. Wawancara tsb dapat memutuskan apakah calon member diterima atau tidak.

  3. Yang ada di hall, sambil menunggu wawancara dapat memasuki RUANG DAPUR

  4. Dalam wawancara tsb ada sesi penawaran membership, apakah sbg member biasa atau member premium dengan segala benefitnya. Sesuai informasi di halaman membership, member premium akan dijointkan ke grup WA per LEVEL USAHA setelah lunas membayar biaya membership selama setahun. Ada informasi khusus di awal bahwa : BILA MEMBER KOMUNITAS INDOWIRA TIDAK AKTIF DALAM 90 HARI, MAKA AKAN DIKELUARKAN DARI KOMUNITAS.

  5. Ketika wawancara selesai dan member dinyatakan diterima, lalu ada pembacaan ikrar komitment Komunitas Indowira. Selanjutnya admin akan menjointkan member yg diterima tsb ke dalam RUANG GALERY USAHA. Di dalam ruang inilah para pengusaha berkenalan dan memahami potensi teman2nya. Di area ini terdapat pengurus bidang Kolaborasi yang suatu saat akan membentuk Koperasi Multi Pihak untuk mengkolaborasikan semua member Komunitas Indowira.

  6. Area LOBBY tentu kosong setelah sesi wawancara (admin remove member atau member left dari grup LOBBY)




Lanjut kepada Tahapan Kedua


Urutan kedua adalah bagaimana TATA CARA UNTUK "GUYUB RUKUN KOMPAK" DI ANTARA MEMBER KOMUNITAS INDOWIRA, bahwa setiap member komunitas yang tergabung dalam Komunitas Indowira haruslah saling kenal dan kompak.

  1. RUANG GALERY USAHA adalah tempat bercengkerama para pengusaha Komunitas Indowira, yang terdiri dari member biasa maupun member premium. Tentunya akan terjadi perbedaan diskusi di antara mereka ketika menemukan kenyataan bahwa member premium merasa dibimbing untuk naik level usaha.

  2. Perbedaan benefit itulah yang menyebabkan admin mengarahkan member biasa utk join sebagai member premium. Perbedaan type UMKM juga akan terlihat, mana yg type QUITER, mana yg type CAMPERS dan mana yg type CLIMBERS. Type Climbers inilah yang akan joint sebagai membership premium dan menentukan dia berada di level berapa dan siap dibimbing untuk naik kelas ke level selanjutnya.

  3. Menjadi member premium itu adalah sebuah pilihan, sehingga tiba saatnya untuk menguji kompetensi level usahanya. Seluruh member dapat masuk RUANG WIRA INVESTA untuk mengikuti even kompetisi UMKM LAYAK INVEST. Even Wira Investa ini adalah even tahunan dari Komunitas Indowira untuk mengkurasi member Komunitas Indowira yg masuk bursa Layak Invest untuk dipertemukan dengan para investor Indowira.


Lanjut kepada Tahapan Ketiga


Urutan ketiga adalah bagaimana MEMBER KOMUNITAS INDOWIRA BERAKSI mewujudkan jargon BERANI USAHA - BERANI AMAL - BERANI KERJASAMA secara pararel, bahwa setiap member komunitas yang tergabung dalam Komunitas Indowira haruslah serius diskusi untuk mencapai visi Komunitas Indowira.

  1. Terdapat RUANG BALLROOM KELAS (yang dikelola oleh pengurus bidang Edukasi) sebagai tempat belajar mengajar di antara Member Komunitas Indowira. Hal ini adalah perwujudan jargon BERANI USAHA dimana dalam proses naik level usaha itu perlu proses belajar.

  2. Terdapat RUANG BALLROOM KEGIATAN SOSIAL (yang dikelola oleh pengurus bidang Sosial) sebagai tempat kegiatan anak yatim piatu dan dhuafa. Hal ini adalah perwujudan jargon BERANI AMAL dimana para pengusaha Indowira selalu menyisihkan sebagian profitnya untuk berdonasi ke YAIF dalam program2nya membantu Yatim Piatu dan Dhuafa.

  3. Member Premium yang serius untuk naik level disarankan untuk masuk program Inkubasi dan Akselerasi. Bagi member premium startup (LEVEL 0 - LEVEL 2) dapat memasuki RUANG INKUBATOR dan bagi member premium scaleup (LEVEL 3 - LEVEL 5) dapat memasuki RUANG AKSELERATOR.

  4. Terdapat RUANG COWORKING SPACE sebagai tempat khusus bagi tenant yang serius naik level dgn konsep kerjasama dalam bimbingan para mentor. Hal ini adalah perwujudan dari jargon BERANI KERJASAMA dimana dalam proses naik level usaha itu perlu kerjasama dengan pihak yg mensupport UMKM Naik Kelas.

  5. Hingga pada akhirnya, melalui berbagai proses pembinaan per level usaha, proses inkubasi dan akselerasi di dalam Coworking Space, maka visi Komunitas Indowira harus diwujudkan dengan mencetak Leader yg gemar beramal untuk dikumpulkan dalam RUANGAN LEADER YG TELAH DI-INVEST.






baca juga :


58 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page