top of page
Screenshot 2024-05-20 083356.png

TENTANG KAMI

Kami adalah KOMUNITAS ORANG INDONESIA YANG BERANI,

Kami adalah KOMUNITAS UMKM yang BERANI USAHA - BERANI AMAL - BERANI KERJASAMA

Sejarah KOMUNITAS INDOWIRA dan
Mau Kemana Komunitas Indowira

Tidak mudah membangun komunitas yang visinya “sosio-entrepreneurship”, apalagi sebagian membernya dalam kondisi yg masih UMKM dimana untuk makan saja masih susah. Tapi komunitas INDOWIRA ingin menghapus stigma tersebut, dari namanya saja INDOWIRA artinya Orang Indonesia yang Berani, kami bertekat untuk Berani Usaha – Berani Amal – Berani Kerjasama sejak awal bergabung ke Komunitas Indowira.

Hery Priyabudi, seorang pelaku UMKM yang sedang merintis beberapa bisnis mengajak pegawainya untuk membentuk komunitas kecil seperti layaknya sebuah keluarga, kami menyebutnya sebagai KELUARGA AMALIA, karena nama-nama usaha Hery selalu menyebutkan kata amalia, seperti contohnya : PT Indocom Amalia Solusindo, PT Tata Amalia Jaya, PT Skema Amalia Pluscipta, PT Lisensia Amalia Sinergita, PT Indowira Amalia Perkasa, dst. Kata Hery, “nama AMALIA dipakai sebagai pengingat salah satu dari tiga perkara yg dibawa mati, yaitu AMAL”.  Komunitas yang terdiri dari Karyawan Grup Amalia inilah yang menjadi cikal bakal dari KOMUNITAS INDOWIRA.

Struktur Organisasi Komunitas Indowira awalnya masih berupa internal, dengan pengurus inti yaitu Ketua - Sekretaris - Bendahara dan ada Ketua Bidang Sosial. Hery selalu mengajarkan kepada komunitas pelaku usaha binaan Hery bahwa sebagian profit usaha harus disisihkan min 2,5% untuk membantu yatim dhuafa, artinya komunitas ini memang sejak awal diarahkan sebagai "komunitas sosio-enterprise", makanya pada thn 2018 Ketua Bidang Sosial membentuk wadah legal kegiatan sosial berupa YAYASAN dengan nama AMALIA INSAN FIRDAUS.

------

Pertanyaan berikutnya, darimana sumber dana yang akan menggerakan kegiatan Komunitas Indowira ?

 

Hery lalu menciptakan ENABLER/PENGGERAK berupa Lembaga Edukasi dgn nama PT INDOWIRA AMALIA PERKASA, yang layanannya membantu member Komunitas Indowira untuk naik level, yaitu :
-Sekolah Wirausaha, ditujukan kepada pelaku UMKM pemula/start-up dari Level O, 1 sampai level 2.
-Sekolah Leader, ditujukan kepada pelaku UMKM lanjutan/scale-up dari Level 3, 4 sampai level 5.
-Inkubator Akselerator, ditujukan kepada pelaku UMKM yg serius untuk program menuju UMKM LAYAK INVEST.

Selain itu, Hery juga menciptakan VC/CLUB INVESTOR UMKM di bawah naungan PT AMALIA NUSANTARA SEJAHTERA, yang layanannya adalah investasi kepada Leader yang sudah mencapai Level 4 dan management UMKM yang sudah level 3. Dari sinilah nantinya akan tercipta Unit-unit Bisnis grup Amalia yang gemar berdonasi ke YAIF untuk menggerakan kegiatan Komunitas Indowira.

Mulai tahun 2024, Hery ingin menggerakan Komunitas Indowira untuk melangkah lebih tinggi menjadi komunitas yang bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya Yatim Piatu dan Dhuafa, maka Hery mengembangkan platform INDOWIRA.id, yaitu SAAS/SOFTWARE yang membantu MANAGEMENT KOMUNITAS, untuk mendorong KEWIRAUSAHAAN, INVESTASI & CHARITY.  Hery berarti juga merupakan STARTUP FOUNDER, dengan indowira.id diharapkan membantu banyak komunitas untuk sevisi dengan Komunitas Indowira.

 

Jadi sebenarnya Hery sudah mempersiapkan Infrastruktur dari 3 Perkara yang dibawah mati, berikut ini penjelasannya :
1. AMAL
– Yayasan Amalia Insan Firdaus sebagai Wadah Komunitas yang Berani Amal, diharapkan menjadi kendaraan untuk kegiatan sosial membantu yatim piatu dan dhuafa.
2. ILMU
– Sekolah Wirausaha, Sekolah Leader, Inkubator Akselerator Indowira, dibentuk sebagai kendaraan ilmu dalam membantu member Komunitas Indowira untuk naik level usaha.
3. DOA ANAK SOLEH
– Venture Capital UMKM, dibentuk layaknya sebagai Bapak yang mencetak Leader layaknya mencetak Anak Soleh yang mendoakan para Donatur/Investor agar sehat dan sukses selalu.

 

----------

 

mau kemana Komunitas Indowira ?

 

Bismillahirrahmanirrahim.. Semoga kegiatan-kegiatan "sosiopreneurship" Komunitas Indowira dalam membantu yatim piatu dan dhuafa, menjadikan catatan AMALIA kita semua sehingga kita tergolong sebagai INSAN yang kelak diterima di surga FIRDAUS-Nya Allah SWT.

 

bottom of page