top of page

EKOSISTEM SOSIO-ENTERPRENEURSHIP INDOWIRA

Tulisan ini untuk menjawab tudingan beberapa orang yang sinis terhadap Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa, yang beranggapan bahwa ada pengurus yayasan yg cari makan dari 10-30% donasi yg masuk. Artinya yayasan tsb menjadi kedok lembaga amal untuk menggalang dana sosial guna membantu yatim dhuafa, kemudian pengurusnya berhak mendapatkan 10-30% dari dana yg masuk untuk kepentingan operasional yayasan maupun kepentingan pribadi. Walaupun secara aturan dibenarkan, tapi sebagian orang tetap sinis dgn cara tsb.


Komunitas Indowira mempunyai Divisi Sosial yang membentuk Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa bernama YAYASAN AMALIA INSAN FIRDAUS (https://amaliainsanfirdaus.org/) . Komunitas Indowira ingin mencoba untuk menghapus stigma negatif di atas dengan cara membangun Ekosistem Sosio-Enterpreneurship seperti pada bagan di bawah ini :




Bagi siapa saja yg tergabung menjadi member di Komunitas Indowira akan mendapatkan supporting dari Afiliasi Usaha bentukan Komunitas Indowira, seperti :

  • Perizinan Usaha, kami bantu legalitas usaha para Pelaku UMKM

  • Digital Agency, kami bantu menaikkan omzet para Pelaku UMKM

  • Sekolah Wirausaha, kami bantu UMKM untuk naik level usaha dari LEVEL 0 sampai dengan LEVEL 2

  • Inkubator Indowira, kami bantu Pelaku UMKM yang serius untuk mulai usaha dan mencapai omzet 100 juta/bulan serta mempunyai tim yang solid

  • SAAS KOMUNITAS, kami kembangkan software utk management komunitas yang mendukung kewirausahaan, investasi dan charity.

  • Sekolah Leader, kami bantu UMKM untuk naik level usaha dari LEVEL 3 sampai dengan LEVEL 5

  • Akselerator Indowira, kami bantu Pelaku UMKM yang serius untuk mewaralabakan usahanya dan mencapai level pengusaha sejati.

  • Coworking Space, kami menyediakan kantor bersama untuk kolaborasi naik level usaha.


Semua support di atas kami lakukan untuk membentuk Jiwa Sosial dari member komunitas Indowira. Kami tidak sembarangan dalam menerima member, kami harus memfilter dan memastikan yg joint Komunitas Indowira adalah Orang Indonesia yang Berani Usaha, Berani Amal dan Berani Kerjasama.


Pelaku UMKM yang sudah naik level sampai LEVEL 4 akan diinvest oleh Pengurus Komunitas Indowira bidang investasi melalui wadah PT Amalia Nusantara Sejahtera, yaitu Perusahaan Venture Capital khusus utk UMKM.


PT ANS mengumpulkan beberapa investor untuk bersyirkah/kerjasama dengan Pelaku UMKM LEVEL 4, dengan syarat bahwa Leader UMKM harus untung/profit dan bersedia mendonasikan sebagian profitnya sebesar 2,5% kepada Yayasan Amalia Insan Firdaus untuk menggerakan program-program sosialnya.


ada 2 rekening yg memisahkan donasi ke Yayasan, bila Anda secara pribadi berdonasi ke YAIF maka kami pastikan 100% kami salurkan dana Anda utk Yatim Dhuafa. Komunitas Indowira tidak memakan harta anak yatim.


Lalu bagaimana Yayasan Amalia Insan Firdaus dan Pengurusnya bisa hidup ?


Bila Anda perhatikan bagan ekosistem di atas, maka akan terlihat ujung panah terakhir mengarah kepada Yayasan Yatim Piatu Amalia Insan Firdaus. Pengurus Komunitas Indowira Bidang Sosial berhak mengelola donasi dari UMKM binaan Indowira untuk sewa kantor, biaya management, dll untuk menghidupi dan mengembangkan Yayasan Amalia Insan Firdaus.


-----


sudah terjawab ya, ternyata ada cara lain membantu yatim dhuafa dengan membangun ekosistem sosio-enterpreneurship di Komunitas Indowira.



15 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page