top of page

Apa itu KOMUNITAS INDOWIRA ?

Anda pasti sudah membaca artikel tentang https://www.sobatindowira.id/post/5-jenis-komunitas dan Anda penasaran apakah itu Komunitas Indowira ?


Informasi tentang Sejarah, Visi Misi, Program dan Kontak Komunitas Indowira dapat diakses melalui website https://www.sobatindowira.id/



Rudyard Kipling, seorang penulis berkebangsaan Inggris menamai formula 5W1H sebagai metode kipling. Dia menggunakan seperangkat pertanyaan untuk membantu memicu pemikiran dan mengatasi permasalahan. Pertanyaan 5W + 1H meliputi What, Where, When, Why, Who, dan How.


Dengan cara ini, setiap informasi dan masalah yang didapatkan akan menjadi lebih kaya dan mendalam. Caranya dengan memenuhi atau menanyakan setiap unsur dari 5W 1H tersebut kepada narasumber. Metode Kipling membantu kita untuk memetakan sebuah informasi dan masalah secara lebih komprehensif dan menyusun solusi dengan lebih kreatif.

Yuk kita mulai menanyakan apakah itu Komunitas Indowira kepada narasumbernya langsung yaitu Hery Priyabudi, sebagai Founder Komunitas Indowira.


What : Apa permasalahan yang ingin diselesaikan ?

Hery melihat ada masalah yang dihadapi oleh :

  • YATIM PIATU & DHUAFA yaitu kemiskinan, kelaparan, pendidikan yg kurang, tidak adanya peningkatan ekonomi.

  • PELAKU UMKM INDONESIA yaitu susah naik kelas untuk menjadi pengusaha sukses


Who : Siapa yang perlu Anda libatkan dalam masalah ini?

Hery perlu melibatkan semua pihak yang MENCINTAI YATIM PIATU DAN DHUAFA serta yang MENCINTAI UMKM INDONESIA. Mereka bisa saja adalah masyarakat biasa, pelaku UMKM itu sendiri, pengusaha kaya, pejabat, mahasiswa, atau siapa yang peduli untuk membantu perubahan di dalam mengatasi masalah yg dialami oleh Yatim Piatu, Dhuafa dan UMKM Indonesia.


Why : Mengapa masalah itu terjadi?

Hery berpendapat bahwa

  • PERMASALAHAN KEMISIKINAN & PENGANGGURAN itu terjadi karena upah minimum yang tidak memadai, taraf hidup masyarakat yg buruk, meningkatnya angka pengangguran setiap tahun tanap adanya tambahan kesempatan bekerja, rendahnya kualitas hidup penduduk miskin, terbatasnya kecukupan dan mutu pangan, terbatasnya dan rendahnya mutu layanan kesehatan - gizi anak dan rendahnya mutu layanan pendidikan, ketidakstabilan sistem pemerintahan, diskriminasi dan ketidakberdayaan seperti pada anak-anak, wanita dan lansia.

  • PERMASALAHAN UMKM SUSAH NAIK KELAS itu karakter pelaku UMKM itu sendiri. Karakter "quiters" dan "campers" adalah karakter buruk pelaku UMKM yg tidak mau maju, sehingga diperlukan untuk menggiring mereka menjadi pelaku UMKM berkarakter "Climbers" yang mau naik kelas.


When : Kapan terjadinya?

Hery melihat bahwa masalah kemiskinan, kelaparan, pendidikan yg kurang, tidak adanya peningkatan ekonomi itu terjadi sejak jaman kemerdekaan sampai dengan detik ini.


Where : Di mana terjadinya?

Hery melihat bahwa masalah itu terjadi di dekat rumah tinggal kita, di lingkungan Kota/Kabupaten, bahkan terjadi di seluruh Indonesia. Kalian semua pasti juga melihatnya !


How : Bagaimana Anda dapat mengatasi masalah itu?

Hery bertekat untuk mengatasi masalah tsb dengan cara MENDIRIKAN KOMUNITAS INDOWIRA, yaitu komunitas Orang Indonesia yang Berani Usaha, Berani Amal dan Berani Kerjasama untuk melakukan apapun demi membantu Yatim Piatu, Dhuafa dan pelaku UMKM secara bersamaan dan pararel.


Baca halaman pengurus Indowira https://www.sobatindowira.id/penguruskomunitas


Ada kepengurusan Bidang Sosial dari Komunitas Indowira yang menjadi kendaraan legal dalam mengatasi masalah Yatim Piatu dan Dhuafa, yaitu dengan mendirikan YAIF (YAYASAN AMALIA INSAN FIRDAUS) yang bergerak di bidang sosial dalam membantu Yatim Piatu dan Dhuafa. Untuk menggerakan YAIF dilakukan dengan cara mencetak 1000 Leader UMKM yg gemar beramal sehingga sebagian profit usahanya didonasikan untuk YAIF.


Ada kepengurusan Bidang Edukasi dari Komunitas Indowira yang menjadi kendaraan legal dalam mengatasi masalah UMKM susah NAIK KELAS, yaitu dengan mendirikan PT INDOWIRA (PT Indowira Amalia Perkasa) yang bergerak di bidang edukasi dengan menyelenggarakan Sekolah Wirausaha, Sekolah Leader, Inkubator, Akselerator dan Even Kompetisi UMKM Layak Invest.


Aksi yang dilakukan oleh Komunitas Indowira ini juga seiring dengan program SDGs


----------------------------


Jadi apa yang dapat Anda simpulkan tentang KOMUNITAS INDOWIRA :


  1. KOMUNITAS INDOWIRA ADALAH "KOMUNITAS ACTION", dengan VISI MENCETAK LEADER UMKM SUKSES GUNA MENGGERAKAN YAYASAN AMALIA INSAN FIRDAUS

  2. KOMUNITAS INDOWIRA adalah GERAKAN SOSIAL, MEMBANTU YATIM PIATU DAN DHUAFA DI INDONESIA melalui https://amaliainsanfirdaus.org/

  3. KOMUNITAS INDOWIRA adalah GERAKAN SOSIAL, MEMBANTU UMKM NAIK KELAS melalui sekolah wirausaha, sekolah leader, inkubator dan akselerator, serta mengadakan KOMPETISI UMKM LAYAK INVEST

  4. KOMUNITAS INDOWIRA adalah KOMUNITAS PENGUSAHA yg GEMAR BERAMAL

  5. KOMUNITAS INDOWIRA adalah PENCETAK LEADER UMKM

  6. KOMUNITAS INDOWIRA adalah ORANG INDONESIA yang BERANI USAHA, BERANI AMAL dan BERANI KERJASAMA


35 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page